Jumat, 06 Oktober 2017

Filled Under:

Tips membuat Baliho dan Banner..

Share

Dalam pembuatan desain spanduk, saya sering mendapatkan file yang berukuran sangat besar, hingga 1,3 giga untuk 1 file, padahal ukuran bannernya hanya 3×1 meter. WOW! waktu itu saya buka filenya saja hampir 10 menit dengan spek komputer Core 2 Duo Ram 4 Giga (waktu itu spek komputer segitu udah bagus banget). Saya berfikir sebentar… “Ini orang bikin file segini gedenya… berapa lama waktu yang dibutuhin untuk setiap save file ???”
Semenjak berkecimpung dalam dunia Digital Printing Spanduk (banner), ini menjadi inspirasi untuk berbagi ilmu sedikit “Bagaimana cara membuat desain banner dengan ringan dan tidak teralu membebani kinerja komputer dan juga dalam pembuatannya memerlukan waktu yang lebih efisien”.
Dan sebenarnya ini adalah trik yang jarang orang tahu, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk yang sedang berkecimpung dalam dunia desain grafis, terutama pembuatan desain untuk digital printing print banner.
Untuk desain menggunakan corel draw, illustrator .ai, atau pengolah vector lainnya, tidak masalah, permasalahannya ada pada program pengolah image seperti halnya Adobe Photoshop.
Tehnik ini tidak hanya untuk desain banner, tapi untuk Banner / Spanduk, X-Banner, Roll Banner, Roll-Up, Standing Banner, dan digital printing, flexy, albatros, vanvas ataupun lainnya yang sejenis dengan large size.
Resolusi : 100 – 200 dpi (pixel/inchi)
Gunakan resolusi 70 s/d 200 dpi, jika menggunakan 300 DPI maka setelah banyak objek yang ditambahkan maka akan terasa berat dan file size akan membengkak.
File size maksimal 200 – 300 MB
Untuk mengetahui kalkulasi file size, coba klik Image > Image Size…
Jangan menggunakan Skala
Seringkali saya mendapatkan file ukuran 10 x 15 cm dengan resolusi 300 dpi, dan suruh dibesarkan menjadi ukuran 100 x 150 cm, setelah dibesarkan maka hasilnya? : “Hurufnya bagus, karena tidak missing font, dan gambarnya lumayan Ancur” dan yang desain bingung.. gimana caranya untuk ngirim file dengan ukuran original yaitu 100 x 150 cm agar bisa diemail dan ukuran file sizenya menjadi tidak terlalu besar.
Solusi : Ketika membuat desain jangan menggunakan sekala, buat saja dengan ukuran sebenarnya, tapi disesuaikan dengan image size, jangan melebihi 200 MB, jadi resolusi disesuaikan dengan Pixel Dimensions nya, seperti gambar dibawah ini :
banner-resolusi-dan-ukruan-file

Simpan dalam format .TIF
File .tif adalah file yang dapat dibuka dengan file photoshop yang bisa menyimpan warna CMYK, menyimpan layer dan terdapat kompresi untuk menyimpan file lebih kecil tanpa mengurangi kualitas file. Save As > pilih TIFF

banner-save-as-tiff
Catatan :
Jika anda membuat file desain spanduk / banner dengan ukuran aslinya, dan dengan resolusi 300 dpi dan ukuran file sampai 500 mb bahkan 1 giga. Makan ketika sampai ke tempat digital printing banner maka file anda akan diflatten, dan kemudian resolusinya juga akan diturunin hingga 70 dpi, tergantung filesize maksimal 200 mb, seperti gambar diatas, maka susah payah anda dengan kerja yang memerlukan banyak waktu dan space besar, maka sia-sia, yang harusnya anda dapat membuat 5 desain banner, tapi anda hanya menghasilkan 1 desain banner saja, karena komputer anda bekerja sangat lemot, dan itu bukan salah komputer.
Semoga membantu, dan jika ada yang masih tidak mengerti, atau ada yang mau menambahkan, maka silakan kita mulai diskusi disini.



0 komentar:

Posting Komentar